Punya Tujuan Finansial 5 Tahun Mendatang? Yuk, Mulai Investasi Jangka Menengah

Bagi yang sedang merencanakan pernikahan, wajar jika pernah merasa kesulitan menyiapkan biaya. Dengan investasi,  tujuan finansial pun lebih mudah tercapai.

Investasi jangka menengah adalah jenis investasi yang dilakukan dalam rentang waktu 1 tahun hingga 5 tahun. Oleh karena itu, jika kamu memiliki tujuan finansial yang ingin diwujudkan pada lima tahun mendatang, jenis investasi inilah yang paling cocok. Ada beberapa mimpi yang bisa diwujudkan dalam jangka waktu tersebut, misalnya menikah, liburan ke luar negeri, atau membeli mobil impian.

Nah, apa saja jenis investasi jangka menengah yang bisa kamu coba? Simak ulasannya berikut ini.

1. Deposito

Salah satu investasi jangka menengah adalah deposito. Deposito sebenarnya merupakan jenis simpanan di bank, tetapi menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Deposito hanya bisa disetorkan atau dicairkan pada waktu tertentu, mulai 1 bulan, 1 tahun, atau beberapa tahun. Tiap bank biasanya memiliki batas minimal setoran awal deposito yang berbeda-beda.

Bunga deposito tiap tahun biasanya cukup siginifikan. Apabila kamu baru mengambilnya 5 tahun kemudian, hasilnya tentu akan lebih terasa. Selain itu, kamu pun dapat menabung dengan lebih tertib supaya tidak membayar denda karena deposito diambil sebelum waktunya.

2. Reksa Dana

Jenis investasi jangka menengah selanjutnya adalah reksa dana. Ada banyak pilihan reksa dana yang tersedia saat ini, baik yang ditawarkan oleh bank-bank resmi maupun platform online. Menariknya, berinvestasi dengan reksa dana bisa dimulai dengan nominal Rp100.000. Meskipun demikian, risiko investasi reksa dana juga berada di level menengah.

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh pemula saat ingin menginvestasikan uang di reksa dana. Salah satunya, tidak mengetahui tujuan investasi. Sangat penting untuk menentukan hal ini sejak awal sehingga pengelolaan reksa dana pun lebih jelas. Kesalahan lainya adalah tidak memilih jenis reksa dana yang tepat sehingga hasilnya tidak optimal.

3. Emas

Emas cocok untuk investasi jangka panjang, tetapi juga dapat digunakan untuk investasi jangka menengah. Untuk menyimpan modal usaha, misalnya, kamu bisa membeli emas supaya nilainya tetap terjaga. Pada 5 tahun ke depan, harga emas pun bisa dibilang akan berbeda daripada saat ini. Keuntungan lain adalah emas memiliki risiko investasi yang cenderung kecil.

Nah, selain ketiga opsi tersebut, kamu juga dapat memilih jenis investasi berupa pembiayaan syariah online yaitu Qazwa. Dalam alur investasi, investor dapat memilih jenis pembiayaan yang diinginkannya melalui marketplace. Investor juga dapat melakukan monitoring terhadap investasinya dari sebuah dashboard yang mudah diakses.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Qazwa cukup menggiurkan, yaitu mencapai 24% per tahun. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena Qazwa telah terdaftar secara resmi dan berada di bawah pengwasan OJK. Nah, tunggu apa lagi, dengan investasi mulai Rp5.000, kamu bisa mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah agar hidup jadi lebih berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *