Cara Menghilangkan Ekstensi .php Pada Permalink (Nginx Server)

Saat ini penggunaan url atau permalink tanpa ekstensi (.php, .html, dll) merupakan hal biasa yang sudah banyak diterapkan pada banyak situs website maupun blog. Contoh penggunaan url tanpa ekstensi sendiri bisa kalian lihat pada situs ini. Sedangkan penggunaan permalink dengan ekstensi dapat kalian lihat pada berbagai situs yang menggunakan platform blogger.

Baca juga: Cara Setting Permalink WordPress Agar Seperti Blogger

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang memilih untuk menghilangkan ekstensi ataupun format dari permalink yang terdapat diakhir url tersebut. Dan tentu salah satunya adalah untuk mempersingkat url tersebut. Namun tidak hanya itu, penggunaan url tanpa ekstensi juga banyak digunakan untuk memudahkan pengunjung dalam mengingat url tersebut. Bahkan sebagian orang percaya bahwa dengan menghilangkan ekstensi diakhir permalink juga dapat meningkatkan kualitas SEO atau ranking web anda dimesin pencari google.

Lalu Bagaimana Cara Menghilang Ekstensi Tersebut ?

Sebenarnya bukan suatu hal yang sulit untuk menghilangkan ekstensi diakhir permalink. Khususnya bagi Anda yang menggunakan webserver Apache atau Cpanel sebagai konten managementnya. Anda dapat melakukannya dengan metode url rewrite menggunakan file .htaccess. Untuk tutorial cara menghilangkan ekstensi pada permalink menggunakan file .htaccess bisa anda cari di siMbah google. banyak kok.

Dan seperti pada  judul diatas, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara menghilangkan ekstensi pada permalink di situs dengan web server Nginx. Sebagai berikut:

1. Langkah pertama yaitu dengan membuka SSH Client. Disini saya menggunakan Putty. Kemudian login dan edit server block atau virtual host dari situs Anda (Ada baiknya dibackup terlebih dahulu).

nano /etc/nginx/sites-available/situsku.com

atau

nano /etc/nginx/conf.d/situsku.com.conf.d

2. Setelah masuk, silahkan paste kode berikut didalamnya.

location / {
try_files $uri $uri.html $uri/ @extensionless-php;
index index.html index.htm index.php;
}

location ~ \.php$ {
try_files $uri =404;
}

location @extensionless-php {
rewrite ^(.*)$ $1.php last;
}

Jika sudah, silahkan simpan (Ctrl+X, Y+Enter)

Jika didalamnya sudah terdapat url rewrite seperti dibawah, silahkan dihapus agar tidak terjadi bentrok.

location / {
try_files $uri $uri/ /index.php?$args;
}

3. Restart/ reload nginx

service nginx reload

Selesai. terakhir silahkan buat file sample.php dan masukkan text atau kode bebas didalamnya pada folder publik (utama) dari situs Anda.  kemudian coba buka situsku.com/sample untuk melihat hasilnya. Semoga berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *